Kamis, 27 Januari 2011

Standar Kecantikan di Korea





Standar kecantikan orang Korea berbeda-beda setiap generasi. Pada masa abad 17, yang disebut cantik itu adalah wajah yang terlihat kekanakan dengan alis tipis menyerupai bulan sabit serta mata sipit, garis hidung yang lembut, mulut mungil, dan bibir semerah buah ceri. Selain itu, rambut yang berayun di bawah telinga, leher putih yang jenjang, serta bahu yang sempit, juga merupakan contoh sosok wanita cantik pada zaman Kerajaan Joseon. Pada abad 17-18, tubuh bagian bawah yang terlihat berisi juga disebut sebagai salah satu kriteria cantik. Agar bokong terlihat lebih berisi, para wanita pada zaman tersebut memakai 7 sampai 8 lapis baju di dalam rok yang panjang dan lebar, karena tubuh bagian bawah yang berisi melambangkan kesuburan. 





Namun belakangan ini, yang disebut cantik adalah wanita yang mempunyai wajah dengan mata besar dan berkelopak (*aslinya, orang korea gak punya kelopak mata), hidung mancung (*aslinya, pesek spt org indonesia), dan berkulit putih. Selain itu, rambut panjang dan lurus, tinggi badan mulai dari 168 cm, serta badan yang langsing juga merupakan syarat kecantikan. Karena itu, para wanita melakukan diet keras demi mendapatkan tubuh yang disebut “S-line”.


Akan tetapi, walaupun cantik, tinggi semampai, dan langsing, apakah itu berarti tanpa disertai kepercayaan diri? Orang yang mengetahui keindahan dirinya sendiri dan dengan penuh percaya diri memancarkan keindahannya, baru dapat disebut sebagai orang yang cantik.



Sumber: artikel Donga Ilbo, 27 September 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar