Selasa, 15 April 2014

Tragedi Tes CPNS 2013

Assalamualaykum? Piye kabare? Kumaha damang?

Kali ini, saya mau share pengalaman pertama dalam hidup saya mengikuti tes CPNS. YIPPIE! Padahal belum berhasil, tapi… ini sangat sesuatu banget! Lebih tepatnya… sebuah tragedi, yang bisa menjadi pengalaman super berharga buat tes kedua tahun ini. Semoga tahun 2014 ini saya dapat rejeki dan lulus jadi PNS! AAMIIN!

Ngomong-ngomong, kenapa sih ngebet banget jadi PNS? Kan masih banyak kerjaan yang ngebikin hujan duit… Alasannya karena mimpi~ Yap! Saya punya cita-cita jadi…

     -     pengajar (Alhamdulillah sudah tercapai)
  • penerjemah (Alhamdulillah sudah tercapai)
  • jadi PNS (tahun 2014, AAMIIN)
  • penulis buku dan skenario sinetron berkualitas
  • punya wirausaha tempat makan
  • main  ke Korea (tahun 2015, AAMIIN)
  • pergi umroh (tahun 2016, AAMIIN)
  • nikah (tahun 2017, AAMIIN)
  • terus honeymoon deh di Pulau Lombok sama jalan-jalan ke Korea sama suami… hohoho
  • dan masih banyak lagi...

Semua juga tahu yang namanya mimpi atau cita-cita harus banyak ya biar hidup terasa lebih hidup karena kita punya target-target untuk dicapai. Naik turun, bangun jatuh, terseok-seok, itulah nikmatnya menjalani proses pencapaian target (cie kayak motivator aje,kekekek). Tapi, bener deh. Cara bikin hidup yang tak monoton ya itu… buat target-target, lalu berusahalah sampai tercapai ^^

Tes CPNS 2013 lalu, sejujurnya saya ada di dalam keadaan dalam masa penyembuhan dari demam berdarah. Tapi waktu itu sok-sok-an udah sehat. Ya kalo tak dipaksa tak akan sehat kan? Masa selimutan di kasur terus. Waktu itu, formasi cuma ada satu di satu departemen. Hahaha. Pasti langsung pada pesimis. Awalnya saya juga, tapi harus dicoba. Lawannya belum banyak ini…

Waktu itu, ada 3 bagian perjuangan:
  1. Sesi pemberkasan.
Alhamdulillah saya lulus walaupun pake acara berantem dulu sama babeh terkait surat lamaran yang ditulis tangan dan harus memandang tatapan agak sinis dan menertawakan ketua RT beserta istri karena saya bilang formasi cuma ada satu.
  1. Sesi TKD.
Alhamdulillah lulus juga dengan perjuangan belajar layaknya anak SMA mau masuk SNMPTN. Tesnya di Stadion Lebak Bulus, saya ngojek sama adek saya. Gile, sumpah, bagian belakang saya panas kelamaan di motor, terus dikatain lebay saya sama si adek. Ngok! Pas TKD, dresscode saya beda sendiri, yang saya lihat, semuanya pada pake baju rapi kayak mau wawancara kerja, kalo saya emang sudah diniatkan mau pake baju paling nyaman biar mikirnya lancaaar dan tak lupa bawa air minum. Maka dari itulah, saya pakai kaos Micky Mouse kesukaan saya dan kerudung langsung merah Rabbani yang sudah dibeli sekitar empat tahun yang lalu, hahaha. Namanya juga baju kesayangan…
  1. Sesi TKB.
INI DIA TRAGEDINYA! SAUDARA-SAUDARA! Belum tepat tujuh hari setelah pengumuman kelulusan TKD, ternyata TKB sudah diselenggarakan! Saya jadi ketinggalan informasi. Websitenya memang susah dibuka dan tahu-tahu sudah ujian saja! Kyaaa tiga hari dua malam saya depresi, menangis, dan merasa bodoh. Hari itu hari Minggu, benar-benar kisah sedih di hari Minggu. Waktu itu, jadwal saya mengajari di Depok sebenarnya, tapi karena saya sedang hari pertama menstruasi, perut saya melilit dan kala itu tak bisa dibendung lagi sakitnya. Jadilah saya meliburkan kelas dan istirahat di rumah mirip orang habis melahirkan. Selimutan di kasur sambil sakit perut.

Babeh saya sebenarnya PNS di BKN Pusat. Jadi doi tahu jadwal Tes CPNS kapan dan gimana aja gitu. Waktu kelulusan TKD aja mukanya Babeh biasa aja cenderung tak percaya karena belum saatnya pengumuman kelulusan katanya. Nah, lho. Saya juga senangnya jadi setengah-setengah, kan. Belum rampung saya belajar untuk TKB, eh tragedi itu terjadi. Untung saya cuma depresi 3 hari hehe. Dibanding SMA dulu, gagal masuk IPA, saya depresi 3 bulan sampai kurus kempot. Untung tak sampai buat video maki-maki temen kayak artis M.

Padahal saya sudah pede banget kalo satu formasi itu adalah rejeki saya. Beberapa waktu kemudian, saya koreksi diri dan menurut saya, saya tahu bahwa ada beberapa kesalahan yang saya lakukan sehingga kenapa saya ditidakluluskan sama Allah.

  1. Terlalu pede, sombong (tobattobat T.T)
  2. Tidak khusyuk dalam beribadah, kurang fokus (T.T)
  3. Kurang bersih hati, niatnya belum lurus (T.T)
  4. Belajar dalam tekanan, kurang tenang (T.T)
  5. Kurang bisa menjaga emosi, terperosok dalam tekanan (T.T)
  6. Kurang tawakal (T.T)


Itulah kesalahan-kesalahannya yang harus diperbaiki! Sekarang, waktunya mengayuh roda baru kehidupan! Tengoklah masa lalu sewajarnya saja sebagai pengalaman agar keburukan di masa lalu tak kembali terulang di masa mendatang. Sekarang saya sudah MOVE ON! Yeah~

2 komentar:

  1. Sitsool.. maaf tak tahu kabar mu kalo sakit DBD :(
    Aku setuju sol sama -> "mimpi atau cita-cita harus banyak ya biar hidup terasa lebih hidup karena kita punya target-target untuk dicapai"
    Di saat udah kerja, monoton lebih terasa, jadi serasa ada yang hilang. Memang mesti tetap membuat target-target agar terasa lebih hidup berjuang :)

    BalasHapus
  2. Hahaha gapapa kok Ayu... udah lama kok sakitnya...
    Kita bikin target Umroh sama ke Korea bareng nyook? *seriuss hohooo

    BalasHapus