Sabtu, 04 Februari 2012

Hallyu: Drama Korea


Akhir-akhir ini, dunia pertelevisian Indonesia diserang oleh banyak serial drama dari manca negara, khususnya Korea Selatan. Drama menjadi salah satu jalur Hallyu (gelombang Korea) yang menghasilkan banyak pendapatan bagi Korea Selatan. Drama-drama yang berasal dari Korea Selatan mempunyai banyak genre berbeda dibandingkan drama-drama dari Indonesia sehingga lebih menarik perhatian masyarakat. Selain itu, munculnya para pemain yang berpenampilan menarik juga menjadi salah satu faktor mengapa drama-drama negara ginseng tersebut diminati masyarakat.


Perjalanan drama di Korea telah menggoreskan tinta sejarah yang panjang. Mulai dari zaman kuno sampai zaman modern sekarang ini, drama menjadi salah satu bagian yang penting bagi kehidupan bermasyarakat di Korea.

Pada masa lalu, drama berupa pertunjukkan tari dan musik sederhana yang dipentaskan di tanah lapang saja yang setiap orang dapat datang untuk melihat drama yang sedang dipentaskan. Kemudian pementasan drama beralih ke teater sehingga setiap orang yang ingin menonton pementasan drama tersebut harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket. Pada masa kini, teknologi telah berkembang pesat sehingga drama pun banyak diputar di televisi, internet, dan ada pula yang sudah disalin dalam bentuk CD atau DVD. Drama yang diproduksi dari dalam negeri maupun luar negeri dapat dengan mudah didapatkan dan dinikmati.

Salah satu negara yang terkena dampak Hallyu adalah Indonesia. Tepatnya pada tahun 2006, drama Korea pertama kali masuk ke dunia pertelevisian Indonesia. Drama tersebut adalah Winter Sonata. Drama ini begitu memikat hati masyarakat Indonesia dan menjadi pintu gerbang bagi drama-drama Korea lainnya untuk masuk ke Indonesia.

Menurut pendapat penulis, setidaknya ada 5 hal yang membuat drama Korea diminati masyarakat Indonesia, yaitu
a.       tema yang beragam
b.      narasi atau cerita yang menarik
c.       penokohan yang menarik
d.      aktor dan aktris yang rupawan
e.       antusias masyarakat

Di Indonesia sebenarnya juga terdapat drama, banyak drama. Namun, biasanya lebih akrab disebut dengan nama ‘sinetron’ daripada ‘drama’. Tema yang diusung oleh sinetron-sinetron Indonesia biasanya seragam karena terpengaruh oleh tuntutan pasar. Tema yang diangkat biasanya seputar kehidupan keluarga, perkantoran, dan cinta antara dua insan manusia. Bisa dikatakan bahwa tema sinetron-sinetron di Indonesia tidak beragam. Korea membawa drama-drama yang temanya beragam sehingga lebih banyak diminati masyarakat Indonesia. Dari segi episode pun berbeda. Sinetron di Indonesia dapat mencapai jumlah ratusan sedangkan drama Korea lebih sedikit, sekitar 20 episode dan untuk drama kolosal dapat mencapai 60an episode. Namun, tetap labih sedikit dibandingkan sinetron Indonesia.

Hallyu semakin merajalela di Indonesia. Kini, masyarakat, khususnya anak muda, banyak yang menonton drama Korea karena aktor kesayangannya dari kelompok idola tertentu bermain di dalamnya. Jadi, mereka tidak menonton karena tertarik dengan ceritanya, namun karena terpikat oleh aktor dan aktris yang bermain di dalamnya.

2006 , 한국의 드라마는 인도네시아에 들어왔다고 시작했다. 드라마의 목적은 윈터 소나타이다. 인도네시아 사람들 은윈터 소나타 드라마를 아주 좋아한다. 2006 은윈터 소나타 드라마는 다른한국의 드라마를 위해 인도네시아으로 들어오는 문처럼 비슷한다.

우리 의견의 하면 한국의 드라마들은 인도네시아에 많이 유명한 이유가 5 가지이다.
ㄱ.  다양한 주제
ㄴ.  재미있는 이야기
ㄷ.  재미있는 특성짓기
ㄹ.  멋있는 배우들
ㅁ.  관객의 열심

Sumber Referensi: Tu-hyon, Yi, dkk. Korean Performing Arts. Seoul: Jipmoondang Publishing Company, 1997.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar