Sabtu, 18 Desember 2010

Legenda Dan Gun


Nenek moyangku orang pelauuuut... Eits, itu kan nenek moyang bangsa Indonesia. Nah, kalo bangsa Korea siapa nenek moyangnya?

Menurut kitab-kitab Korea, nenek moyang bangsa Korea adalah Dan Gun. Alkisah, terdapat seorang dewa bernama Hwanung yang tinggal di sebuah gunung bernama Gunung Paektu. Hwanung adalah dewa yang bertugas di bidang pertanian, kesehatan, hukum, kehidupan sosial dan sebagainya. Pokoknya tugasnya banyak sekali, deh.

Suatu hari, datang seekor harimau dan beruang yang ingin berubah menjadi manusia. Hwanung yang baik hati pun menyanggupi permintaan mereka. Hwanung memberi mereka berdua buah mugwort dan bawang putih serta menyuruh mereka untuk menghindari sinar matahari selama 100 hari.

Hari berganti hari, ternyata sang harimau tidak sanggup melaksanakan permintaan Hwanung. Ia pun akhirnya tidak dapat menjadi manusia. Sang beruang yang telah berhasil berubah menjadi manusia pun kesepian. Hwanung bersimpati dan akhirnya menikahi sang beruang yang telah berubah menjadi perempuan itu. Mereka berdua menikah dan mempunyai anak bernama Dan Gun. Kelak, Dan Gun akan menjadi seorang pendiri kerajaan Gojoseon di Korea.

*lucu ya? masa dewa nikah sama beruang? haha. namanya juga legenda ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar